Estrilook Community

SETIP – SEminggu Tiga Postingan

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Pencarianku dan pada akhirnya menemukan sebuah minat

Sepertinya aku sudah menemukan minat yang paling aku suka yaitu MENULIS. Tak ada kata malu dalam menulis, meskipun kemampuan menulisku masih sebatas anak bawang. Nasihat yang selalu masuk di kepala aku adalah “kalau ingin berbakat dalam menulis ya menulis, menulis dan menulis”. Seperti sebuah pepatah “Bisa karena Biasa”. Ya pengen berbakat dalam menulis tapi tak biasa menulis, mana bisa menuju ke bakat bukan?

Sejarah ku suka menulis

Dulu sewaktu masih di bangku sekolah dan kuliah, aku memang termasuk dalam salah satu siswa atau mahasiswi yang rajin mencatat. Mencatat sama kan dengan menulis karena sama-sama menggoreskan pena atau pen pada sebuah kertas atau buku. Apalagi kalau mengingat jaman kuliah, catatanku itu bisa nongkrong di fotokopian langganan anak kuliah. Loh kok bisa? Iya bisa lah, catatanku dipinjam teman, trus difotokopi..nah mungkin dianggap paling lengkap..makanya catatanku itu dijadikan master di fotokopian. Ketika musim ujian, mereka tinggal datang saja ke fotokopian untuk menggandakan masternya buat belajar di kost. Ya…setidaknya hasil tulisanku bermanfaat bagi mereka kan? hehehehe.

Untuk apa buku dan pena dalam kehidupanku?

Selain rajin mencatat bahan pelajaran dan kuliah, aku tuh paling gak bisa jauh dari buku dan pena. Ah dasar sok rajin…bukan begitu gaes. Aku tuh suka mencatat segala hal yang aku lihat apalagi kalau sedang melakukan perjalanan. Menikmati perjalanan dan mencatatnya dalam memori itu sangat menyenangkan kawan. Namun sayangnya memori aku kadang gak cerdas, jadi perlu dicatat biar gak menguap terbawa angin. Nah, untuk itulah diperlukan sebuah buku dan pena di sekitar kehidupanku.

Buku kecil yang kubawa tentunya tak akan memuat pikiran ku yang hobi mengelana dan menampung semua inspirasi serta ide yang kadang bergejolak di dalam otakku. Pada akhirnya, buku kecil ini hanya menampung garis besar dari ide dan inspirasi serta catatan perjalanan saja. Lalu kemanakah aku akan menyimpan cerita dan foto yang sudah kudapat dari perjalanan yang aku lakukan? Oia, selain menulis aku juga suka fotografi walaupun masih kelas teri juga hehehehe.

Aku pun mengenal blog yang dapat menampung catatan dan foto hasil bidikanku dalam setiap perjalanan hidupku. Awal memiliki blog yang katanya aku sebut sebagai RUANG MENULIS ini, aku masih miskin dengan benda-benda pengisinya yaitu tulisan-tulisan. Aku pun berkenalan dengan komunitas narablog yang membawaku ke arah konsistensi dalam menulis. Ini merupakan pintu gerbang dalam perjalananku mengisi Ruang Menulisku. Yang awalnya hanya berupa karpet turki satu lembar, setelah mengikuti beberapa kegiatan ODOP (One Day One Post), ruang menulisku pun mulai terisi dengan kulkas, sofa, televisi, aquarium, kompor dan interior lainnya.

Sebuah ruangan kalau sudah terisi bukan berarti kemudian ditinggalkan, kita pun harus rajin memeliharanya. Nah, memelihara sebuah Ruang Menulis harus dengan cara apa? Ya pastinya harus diisi dengan sebuah kehangatan dan kebahagiaan. Salah satunya adalah dengan tetap diisi oleh semangat untuk selalu menulis.

Bagaimana menyalakan semangat dalam menulis?

Nah…aku pun mengikuti program yang diadakan oleh Estrilook Community (EC) (salah satu komunitas narablog yang aku ikuti). Nama programnya adalah SETIP (lucu kan). SETIP adalah kependekan dari SEminggu TIga Postingan. Sejarah menemukan nama program ini juga seru loh (aku ikuti diskusi di dalam grup whatshapp). Ide pertama muncul dari founder EC yaitu Mbak Muyass untuk menghidupkan semangat setelah program ODOP di bulan Januari 2019 lalu selesai, yaitu dilanjutkan dengan program Seminggu 3 Postingan. Usulan nama program yang pertama yaitu OWTP (One Week Three Post), kemudian STP (Seminggu Telung Postingan), lanjut ke TPAW (Three Post A Week), ada lagi HIAW (Hattrick In A Week), lanjut ke Setipos (Seminggu Tiga Postingan). Akhirnya yang terpilih adalah SETIP (Seminggu Tiga Postingan) yang mempunyai makna, SETIP di Jawa itu artinya penghapus, jadi diharapkan melalui program SETIP ini dapat menghapus kemalasan kita dalam menulis.

Nah..semoga semangat menghapus kemalasan sebagai motto dari program SETIP ini selalu menyertaiku sehingga semangat untuk menghilangkan menulis akan menyala terus di dalam diriku. Mempunyai ruangan yang harus selalu dipelihara agar tidak menjadi sarang laba-laba dan pastinya dapat membangkitkan semangat kita dalam mengisi. Untuk saat ini boleh dikatakan bahwa tulisan ku masih jauh dari indah bahkan bagus namun aku selalu belajar dan yakin bahwa suatu hari nanti aku akan bisa menulis dengan baik. Salah satu yang aku suka dari menjadi narablog ini adalah kegiatan Blogwalking, berkeliling membaca tulisan kawan narablog lainnya dan berujung pada mendapatkan sebuah ide dan tema untuk menulis.

Bagaimana bergabung dalam program SETIP?

Siapapun boleh mengikuti program SETIP ini. Setoran tulisan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat seperti kelas PAUD ya hehehehe. Kawan-kawan narablog yang berminat untuk mengikutinya dapat langsung menuju ke grup Facebooknya untuk membaca peraturan yang sudah disusun. Link Facebooknya disini. Yuk..jangan dilewatkan kesempatan untuk berkarya dan produktif ini. Aku yakin kalian pasti suka deh hehehe.

Alhamdulillah. Wassalamu’alaykum.

#Day1 #Senin #04.02.19 #SETIP #EstrilookCommunity

sumber: Estrilook Community

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

15 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: