Sikat Gigi
BPN30DayRamadhan2019

Sikat Gigi de’Fajar Family selama Puasa

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Aku sedang membiasakan duo fajar junior untuk sikat gigi sebelum tidur dan ditutup dengan wudhu. Loh emang sebelumnya belum biasa ya? Yup, aku kurang konsisten dalam penerapannya. Nah, saat ini aku mulai lagi agar konsisten. Selain itu, kami juga sedang mengajarkan kepada Adek untuk rajin sikat gigi. Adek ini paling suka kabur apabila disuruh sikat gigi-hehehehe.

Jadwal Sikat Gigi Selama Bulan Puasa

Nah, selama bulan puasa ini, kami merubah jadwal sikat gigi di pagi hari. Apabila sebelumnya sikat gigi dilakukan pada saat mandi, maka selama bulan puasa kami pindah pada waktu wudhu sholat Subuh. Duo fajar junior cukup antusias dengan perubahan ini. Walo tetap saja diwarnai mogoknya Adek untuk sikat gigi. Kalo Adek mogok sikat gigi sebelum wudhu sholat subuh, aku pindahkan sikat giginya di waktu mandi pagi. Sejauh ini, strategi tersebut berhasil.

Kami melakukan sikat gigi menggunakan pasta gigi. Anak-anak pun aku belum terbiasa sikat gigi dengan siwak. Ada rasa aneh di mulut – hehehe. Aku selalu berpesan kepada duo fajar junior, sewaktu melaksanakan sikat gigi, tidak boleh ada yang tertelan ya. Adek lucu apabila sikat gigi “Ibuuuu, gak boleh ditelan ya? Odolnya enak rasanya”. Okeh, selama latihan boleh Dek dirasa-rasa, nanti lama-lama tidak boleh ya – hehehehe.

Sikat gigi sebelum sholat

Dalam Islam, kegiatan membersihkan gigi ini dinamakan berSIWAK. Bersiwak ini dianjurkan dilakukan sebelum melaksanakan sholat. Bersiwak atau sikat gigi merupaksan salah satu cara membersihkan diri. Siwak adalah bahan yang digunakan untuk membersihkan gigi atau menggosok gigi sejak jaman Rasulullah SAW. Nah, di jaman modern ini kita menggunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi.

Andaikata aku tidak memberatkan pada umatku, maka niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak tiap kali berwudhu

HR. Malik, Ahmad dan An-Nasai

Aku pun belum membiasakan diri menggosok diri sebelum melaksanakan sholat. Selain ada anjuran, menggosok/membersihkan gigi dapat menjaga kebersihan dan kesehatan gigi kita. Gigi lebih terawat sehingga masalah gigi berlubang dan bau mulut dapat teratasi apabila kita rajin menyikat gigi kita. Saat ini juga sudah banyak dijual produk pasta gigi dengan label halal, sehingga tidak ada alasan lagi buat kita untuk tidak menyikat gigi kita bukan.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum

#Day9 #BPNetwork #BPNChallenge2019 #BPNRamadhanChallenge2019 #30HariMenebarKebaikan

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: