Movie

SORE ~ Webseries Indonesia

Bismillahirrahmanirrahiim.

Okeh, pekan ini aku mo mengulas tentang webseries yang aku ketahui dari salah satu teman di komunitas 1m1c yaitu dari mbak Annisaa Nurhayati. Secara aku ini kan senang dengan cerita pendek atau film-film pendek yang bergenre drama. Maklum hatiku terlalu sensitif sehingga lebih suka yang melow-melow swallow aja daripada action apalagi horor…tidaaaaakkkk (hehehehe). Dari beberapa webseries yang ditulis oleh Mbak Ica (panggilan mbak Annisaa), aku suka dengan webseries yang berjudul SORE. Webseries ini persembahan dari Tropicana Slim (Stevia).

Webseries SORE terdiri dari 8 episode dengan tambahan 1 episode special. Pemeran utama pria adalah Dion Wiyoko sebagai Jonathan yang akrab dipanggil dengan Jo dan pemeran utama wanita adalah Tika Bravani sebagai Sore. Setting cerita ini dilakukan di Jakarta dan Italia. Tema dari webseries ini adalah Istri dari Masa Depan. Di awal penayangannya di you tube, webseries ini ditayangkan setiap hari Rabu selama 9 minggu berturut-turut. Aku siy baru mulai nonton sekarang jadi ya gak perlu nunggu tiap minggu, jadi bisa langsung babat habis dalam sekejap (hehehe). Ada yang keren pada salah satu soundtrack webseries ini yaitu lagu pembuka pada episode 1. Lagu itu berjudul FORGET JAKARTA karya Adhitia Sofyan. Setiap episodenya berdurasi pendek antara 5 menit hingga 10 menit.

Cerita ini dimulai dari kehidupan Jo di Italia, sebagai seorang fotografer dia selalu kerja hingga larut malam. Hingga pada suatu malam (dimulai dengan angin yang membalik lembaran majalah di tempat tidurnya dimana dia tidur) datangnya seorang wanita yang membereskan rumahnya dari mulai merapikan tempat tidur, almari, hingga membuang minuman keras yang selalu diminum oleh Jo. Keesokan harinya Jo kaget ketika bangun tidur ada wanita ada disampingnya. Wanita itu tersenyum ketika Jo kaget dan bertanya..”Siapa kamu?”…wanita itu menjawab,” Aku SORE, istri kamu dari masa depan.” Jo masih gak percaya, dia pun meninggalkan Sore di rumahnya namun kemanapun Jo pergi selalu diikuti oleh Sore. Hingga akhirnya Jo pun menyerah dan mengijinkan Sore untuk tinggal di rumahnya. Sore tahu apapun tentang Jo termasuk apa yang sedang direncanakan oleh Carlo (sahabat Jo).

Jo pun mulai dekat dengan Sore dan Sore mulai mengajak Jo untuk membiasakan hidup sehat, dengan tidak kerja hingga larut malam, bangun di pagi hari dimulai dengan olahraga, serta mulai makan dengan menu sehat. Jo mulai nyaman dengan keberadaan Sore dalam hidupnya, namun pacar Jo (Elsa) dan Carlo mulai mengusiknya, mereka meminta Jo bisa berpikir dengan jernih. Mana mungkin ada istri dari masa depan? Mereka mengajukan sebuah pertanyaan kepada Sore untuk membuktikan bahwa Sore ini adalah seorang penipu. “Apa dia bilang dia istri kamu di masa depan? Apa Jonathan di masa depan akan mengijinkan istrinya jalan-jalan sendiri? Apa kata Jonathan ketika kamu akan jalan-jalan di masa lalu?”.…pertanyaan ini tidak dapat dijawab oleh Sore..dan akhirnya Jo, Elsa dan Carlo meninggalkannya sendiri.

Ketika episode dimana Sore masih terdiam sambil menunggu sunset dan sendirian setelah ditinggal oleh Jo hingga pada akhirnya Jo kembali lagi ke tempat dimana Sore masih bertahan disana, Sore mengucapkan sebuah kalimat semacam syair atau quotes.

Tau gak kenapa senja itu menyenangkan? Kadang dia merekah bahagia, Kadang dia hitam gelap berduka. Tapi langit selalu menerima senja apa adanya

Jo semakin suka dengan keberadaan Sore didalam kehidupan hingga ada sebuah kejadian di suatu malam. Sore meminta Jo untuk istirahat dari kerja yang larut malam, namun Jo tidak mengindahkannya. Akhirnya Sore menghapus file hasil kerjaan Jo ketika Jo sedang ke dapur. Jo pun marah, namun Sore pun tak kalah marah hingga akhirnya keluar darah dari lubang telinga Sore. Disinilah momen tentang kesehatan itu disampaikan “Coba bayangin, hidup sehat karena takut mati, kan gak enak banget”. Keesokan harinya, Jo sudah tidak mendapati lagi Sore di rumahnya. Sore telah menghilang kembali secara misterius seperti kehadirannya.

Jo pun memutuskan pulang ke Jakarta dan mulai biasa hidup sehat. Dia coba ikuti apa yang dipesankan oleh Sore. Dia mendapatkan pekerjaan di Jakarta, kemudian mencari tempat dimana Sore bekerja (hasilnya belum dia ketemukan). Akhirnya dia bertemu dengan temannya yang mempunyai cafe coffee. Disini dia akhirnya bertemu dengan Sore dan kejadian pun berkebalikan yaitu Sore bingung kenapa Jo bisa tahu kebiasaan dia?  Kejadiannya berbalik gaesss (hehehehe). Trus happy ending gak siy?…tenang happy ending kok…yuk coba tengok-tengok ke youtube deh. Judulnya SORE (Istri dari Masa Depan).

Pesan yang disampaikan dari webseries ini adalah “HIDUP itu LEBIH BESAR dibanding KERJAAN”. Jagalah kesehatan mu.

Nah..ini video tentang soundtracknya yang aku ambil dari youtube.

 

Alhamdulillah done untuk 1m1c

Leave a Reply

%d bloggers like this: