Anak Suka Membaca
Bunda Sayang

Stimulasi Anak Suka Membaca #L5 #D2

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Membaca hari kedua. Well, membaca itu menyenangkan, bukan begitu kawan? Namun mengapa ya Indonesia berada di level nyaris terendah untuk minat membaca ini? Berdasarkan studi “Most Literate Nation in the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Hmmm, duh, nyaris banget di bawah ya kawan 😢

Kegiatan membaca de’fajar family hari ini

#1. Ibu

Hari ini, aku masih meneruskan membaca novel tulisan mbak Muyassaroh yang berjudul “Agar Suami Tak Mendua”. Mbak Muyass ini adalah founder komunitas narablog “Estrilook Community” yang aku ikuti. Buku ini sudah mulai kubaca sejak lebaran kemarin namun ya begitulah aku yang suka tidak konsisten dalam membaca. Akhirnya tertunda dan belum kelar hingga hari ini. Saat ini aku sudah masuk Bab 8 tentang tugas seorang ibu dalam mendidik anak-anak. Aku membaca 2 sub bab yaitu Kewajiban Menjaga dan Membimbing Buah Hati serta Madrasah Pertama Itu Bernama Ibu. Dari 2 sub bab ini ada hikmah yang kudapat yaitu tugas utama dan pertama seorang ibu adalah mendidik dan membimbing anak-anaknya serta mempersiapkan anak untuk dapat hidup mandiri kelak.

Anak suka Membaca
Bacaan Ibu Hari Ini

#2. Adek

Buku bacaan Adek hari ini adalah My First Islamic EncyclopeBee: The Great Prophet MUHAMMAD (Meneladani Manusia Pilihan Allah) seri Masyarakat Jahiliah”. Berhubung Adek belum bisa membaca, jadi ibu turun tangan untuk membacakan. Aku membacanya dengan metode Read Aloud. Adek mendengarkan dengan berbagai tingkah dan diselingi dengan bermain. Apabila sudah mulai tidak fokus, aku ajak adek bermain dengan mengembalikan perhatiannya pada bacaan yang aku bacakan. Pada subbab Keturunan Para Putra Nabi, aku coba mengembalikan perhatiannya dengan meminta dia menghitung jumlah bangsa Arab yang aku sebutkan. “Dek, coba dihitung ya…Bangsa Arab terdiri dari Arab Baidah, Arab Aribah dan Arab Mustaribah (aku membaca sambil membuka jari-jariku)..ada berapa Dek?”. Adek menjawab “Ada tigaaaa”. Pada subbab Para Penjaga Kota Suci, Adek tertarik dengan gambar peperangan sehingga kami bercakap sejenak tentang gambar yang ada. Disini memang menceritakan tentang Kaum Jumhur yang tidak dapat memegang amanah untuk menjaga kesucian Kota Mekkah.

Anak Suka Membaca
Adek bersiap membaca

#3. Ayah

Hari ini, aku mendapatkan link e-book tentang Riyadhus Shalihin dari salah satu kawan narablog. Link tersebut langsung kukirim ke pak Suami. Ternyata pak Suami memberikan kabar bahwa beliau juga sudah mendapatkan e-book tentang Sirah Nabawiyah. Okeh deh pak, selamat membaca ya 😁. Pak suami ini paling senang membelikan buku buat istrinya ini, namun beliau sendiri gak suka membaca. “ibu aja yang baca, nanti ayah nanya ke ibu”.

#4. Kakak

Kalo kakak hari ini belum mulai membaca sama sekali. Dia masih menunggu buku komik. Dia bilang, “aku tuh suka bosan ibu kalo baca buku yang panjang tulisannya begini”. Namun setelah sholat Maghrib tadi, dia bilang lagi “Ibu, aku tahu mau baca buku apa sekarang? buku novelnya ibu tapi lupa judulnya, ntar dicari dulu di rak buku.”

Gerbong Literasi kami hari ini

Siang tadi aku berkarya mewarnai dan menghias “Gerbong Literasi”. Gerbong literasi ala de’Fajar Family ceritanya. Sebenarnya instruksinya diminta membuat pohon literasi, namun aku mengubah sesuai selera keluarga kami. Kami suka dengan kereta, jadi pohon literasi berubah menjadi gerbong literasi saja. Semoga tidak dinilai melanggar aturan ya kawan -hehehehe.

Anak Suka Membaca
Gerbong Literasi ala de’Fajar Family

Semoga perjalanan kereta dan gerbong literasi kami lancar sampai akhir nanti. Aamiin.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

  • #Hari2
  • #GameLevel5
  • #Tantangan10hari
  • #GerbongLiterasi
  • #KuliahBundaSayangIIP
  • @Institut.Ibu.Profesional

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

One Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: