• BPN30DayRamadhan2019

    Persiapan Menyambut Hari Raya Idul Fitri

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Terasa sedih ketika harus meninggalkan bulan ramadhan yang penuh berkah, limpahan pahala dan kedamaiannya. Namun waktu tetap terus bergulir, kini saatnya bersiap menyambut hari raya Idul Fitri yang biasa kita sebut dengan hari lebaran. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia akan disambut dengan sangat antusias seperti halnya oleh keluargaku. Kami akan bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampung halaman. Alhamdulillah, kami masih memiliki kampung halaman untuk kami kunjungi. #1. Mudik Mudik adalah salah satu persiapan yang kami lakukan. Dari mulai pembelian tiket mudik yang harus kami pesan jauh-jauh hari yaitu 90 hari sebelum hari keberangkatan, kemudian menentukan juga kapan kami harus kembali ke rumah kami. Ini adalah bagian…

  • BPN30DayRamadhan2019

    Doa terbaik menjelang berpisah dengan Ramadhan

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Ramadhan akan segera pergi meninggalkan kita semua, lalu apa yang kita harapkan setelah ramadhan pergi? Pastinya terselip barisan doa agar ibadah kita di bulan ramadhan diterima oleh Allah SWT. “Yaa Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau menetapkan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati, bukan puasa yang sia-sia. Aamiin” Semoga perpisahanku dengan bulan ramadhan ini bukanlah perpisahan selama dan bukan pertemuan terakhirku. Aku merasa di bulan ramadhan ini belum optimal dalam menjalankan ibadah puasa karena masih ada beberapa kesibukan duniawi yang kujalankan. Semangat Ramadhan yang akan tetap diteruskan Ada kegiatan-kegiatan yang tetap akan aku lanjutkan di bulan-bulan…

  • BPN30DayRamadhan2019

    Momen Indah Bagiku di Bulan Ramadhan Tahun Ini

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Alhamdulillah, ini adalah ramadhan ke 39 bagiku. Yup, tahun ini aku berusia 39 tahun. Hmmm, sudah akan menuju kepala 4 niy. Setiap ramadhan selalu ada cerita bagiku, seperti halnya ramadhan tahun ini. Ada momen baru dan indah yang bisa kukenang dalam sebuah cerita keluarga -hehehehe. #1. Mendampingi Adek menjalani puasa pertamanya Adek tahun ini mulai belajar melaksanakan ibadah puasa. Puasa pertamanya ini kami ajarkan dengan melaksanakan puasa setengah hari. Memang secara ilmu agama tidak ada puasa setengah hari. Kami mengenalkan cara menahan lapar dan haus terlebih dahulu, sambil belajar sabar menunggu waktu berbuka. Sejak awal puasa, Adek sudah sangat semangat untuk belajar puasa. Alhamdulillah, dari sekolah…

  • BPN30DayRamadhan2019

    Jajanan yang Selalu Ada di Hari Raya Keluarga Besar kami

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hmmm, kali ini kita akan bercerita tentang jajanan. Sebenarnya kami tidak pernah menyebutnya sebagai jajanan, kami lebih suka memberi nama makanan yang selalu ada dan disantap di hari raya seperti saat ini akan kami sambut. #1. Sate Kolang-Kaling Warna Merah Kalo ini adalah jenis makanan yang selalu ada di keluarga besar Bapakku di Solo. Sejak aku kecil sampai sekarang memiliki 2 orang anak, makanan ini masih dibuat. Dulu yang suka memasak ini adalah almarhum Nenek, setelah Nenek meninggal kebiasaan ini masih diteruskan oleh bulikku (adeknya Bapak). Sapa yang belum tahu kolang-kaling? Itu loh yang ada di dalam minuman kolak. Kolang-kaling ini tidak dikolak, tapi direbus dan…

  • BPN30DayRamadhan2019

    Kegiatan Rutinku selama Bulan Ramadhan

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Alhamdulillah ya, sudah masuk hari ke 26 Ramadhan. Apakah ada aktivitas baru yang kalian lakukan selama bulan ramadhan ini? Kalo aku siy masih dengan aktivitas rutin di hari biasa dan ada sedikit tambahan kegiatan dalam amalan harian. Nah, ini dia aktivitas yang kulakukan selama bulan ramadhan. #1. Tilawah ODOL dan ODOJ Sebenarnya aktivitas ini sudah aku lakukan di hari biasa sebelum bulan ramadhan, hanya ada aturan yang berbeda di program ODOL kantor. ODOL (One Day One Lembar) sedangkan ODOJ (One Day One Juz). Tujuan kedua kegiatan ini adalah untuk mengajak kita agar selalu berinteraksi dengan Al Qur’an setiap hari. Kegiatan ini menggunakan aplikasi Whatshapp (WA). Jadi…

  • BPN30DayRamadhan2019

    2 Tradisi Lebaran Turun Temurun di Keluargaku

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. InsyaAllah beberapa hari lagi akan bakdan. Apa itu bakdan? Bakdan adalah sebutan kami untuk hari raya. Nah setiap bakdan datang, ada 2 tradisi yang turun temurun dilakukan keluarga besar kami. Apakah itu? Mau tahu aja atau mau tahu banget – hehehehe. #1. Berkumpul keluarga besar di satu lokasi Silaturahmi keluarga besar dari trah Bapakku selalu dilakukan di rumah almarhum Kakek-Nenek di Solo. Sejak aku kecil hingga sekarang tradisi ini masih dilakukan walaupun nenek, kakek dan saudara kakek sudah tidak ada. Anak-anak hingga cucu trah masih berkumpul jadi satu di rumah ini. Asal mula tradisi ini berawal sejak kakekku masih ada. Kakek adalah anak sulung dari 5…

  • BPN30DayRamadhan2019

    Kebiasaan Memakai Baju di Hari Raya yang mulai Menghilang

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Baju baruu…alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya…tak punya pun tak apa–apa, masih ada baju tetangga…loh eh #hehehe Pasti gak asing kan dengan lagu anak-anak di atas? Yup, memang sudah menjadi budaya di masyarakat bahwa setiap hari raya terutama Idul Fitri kita menggunakan baju baru. Setiap awal ramadhan, hampir semua pusat perbelanjaan memasang angka-angka diskon untuk produk fashion. Kita berbondong-bondong berdesakan untuk mengejar harga diskon untuk sebuah baju baru yang akan dipakai di hari raya. Teringat di masa kecil dulu, aku selalu mendapatkan baju baru dari ibu setiap lebaran tiba. Rasanya senang sekali. Tradisi ini masih sangat kunikmati hingga di bangku kuliah. Sesampainya di rumah sudah ada…

  • Buka Puasa Bersama
    BPN30DayRamadhan2019

    Buka Puasa Bersama Kawan

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Ramadhan tahun ini sebenarnya aku agak kurang berminat buka puasa di luar rumah. Jam pulang kerja kantor yang dimajukan 2 jam dari jadwal di hari biasa menjadi salah satu penyebabnya. Bisa sampai di rumah saat matahari masih bersinar itu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagiku. Itu artinya, anak-anakku masih berlarian di luar rumah ketika aku sampai. Menemani mereka bermain sambil sesekali ngobrol dengan tetangga, itu adalah sebuah anugrah terindah dalam kehidupanku saat ini. Oleh karena itu, aku sangat memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya. Aku selalu pulang tepat waktu agar bisa segera sampai di rumah. Berinteraksi dengan kawan, pastinya juga penting. Terkait itu, aku pun tidak serta merta…

  • Make up Lebaran
    BPN30DayRamadhan2019

    Tampil Natural ala Aku di Hari Lebaran

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Huaaaa, mau nangis di pojokan kamar deh kalo dapat tema tentang make-up kayak gini. Sebagai seorang perempuan, aku juga ingin tampil cantik namun aku tak suka berdandan. Paling banter juga hanya memakai pelembab, bedak dan lipstik tipis warna soft biar sedikit membedakan antara wajah sebelum dan sesudah mandi (parah banget yak) – hehehehe. Baca juga: https://novya.id/make-up-natural-ala-aku-dalam-keseharianku/ Lebaran maupun ke acara kondangan sekalipun, aku tetap bangga dengan riasan natural ala aku. Apakah aku tidak peduli dengan tampilanku? Bagaimana nanti kalo suamiku akan melirik wanita lain yang lebih cantik? Sapa bilang aku gak peduli? Aku peduli kok, hanya saja aku tak memiliki minat dalam memainkan alat kosmetik pada…

  • Tips berpuasa untuk anak kecil
    BPN30DayRamadhan2019

    4 Tips Mengajarkan Anak Kecil Berpuasa

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Tahun ini, kali pertama Adek belajar berpuasa. Usia Adek saat ini adalah 5 tahun. Menurut kami ini adalah waktu yang tepat untuk mengajak Adek belajar puasa. Apakah ada hambatan dan tantangannya? Pastinya ada namun kembali ke niat kita awal kita ketika mengajak anak belajar berpuasa. Nah, kali ini, aku akan berbagi kepada kawan-kawan semua, proses aku mengajak Adek berpuasa. #1. Ada kemauan dari anak Aku sangat terbantu saat mengajarkan berpuasa pada Adek saat ini. Salah satu program di sekolah Adek selama bulan ramadhan ini adalah larangan membawa bekal. Instruksi dari sekolah hanya seperti itu “Dilarang Membawa Bekal selama Bulan Ramadhan” bukan instruksi untuk berpuasa. Namun sebelum…