• dongeng
    Bunda Sayang

    Membangun Karakter Anak melalui Dongeng #L10 #D5

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. 02 Februari 2020 Hari ini sebenarnya kami masih sama-sama merasakan lelah nian. Ya seminggu kemarin pikiranku terkuras untuk memikirkan berbagai hal di beberapa kuadran, sedangkan liburan akhir pekan ini baik adek maupun aku harus ke Jakarta karena adek mengikuti lomba mewakili sekolah. Yup, tapi apapun itu, tantangan adalah tantangan yang harus diselesaikan bukan? Berganti cerita dengan berganti buku cerita Hari ini aku mencoba berganti buku cerita, tapi masih memilih cerita tentang bersikap baik kepada orang tua. Temanya masih seputar ibu. Judul cerita yang aku bacakan adalah “Aku mengerti kenapa ibu cerewet?”. Sore tadi aku ajak Adek duduk bersamaku. “Dek, yuk kita bercerita,” ajakku. “Bentar, satu lagi…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D5

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Mainan anak berantakan dimana-mana dan kondisi ini menimbulkan kepusingan seantero penghuni rumah, pernah kalian alami kah? Oh, kalo aku sering sekali kawan. Trus apakah aku juga sering pusing? Gak sering siy, kadang-kadang. Kalo stok sabarnya berlimpah, aku santai menikmatinya. Namun tak jarang juga kehabisan stok sabar yang pada akhirnya menimbulkan kepusingan yang tak berperi (sedikit hiperbolik – hehehehe). 05 Januari 2020 “Adeeeeeekkkkkkk, mainannya dibereskan dong kalo udah selesai”, pintaku pada Adek. “Nanti dulu, aku mau bikin buat balap mobil dulu ibuu,” jawab Adek. Sapaan seperti ini hampir setiap hari terjadi ketika Adek sudah menggelar mainan kereta dan hotwheelnya. Kami banyak membelikan dia rangkaian kereta dan hotwheelnya,…

  • cerdas finansial
    Bunda Sayang

    Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini #L8 #D5

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. 02 Desember 2019. Hari ke-5 belajar tentang pengaturan keuangan. Tanggal 30 November – 01 Desember kakak tidak membuat laporan keuangan karena itu adalah akhir pekan. Segala pengeluaran jajan di akhir pekan duo fajar junior bukan menggunakan uang saku mereka. Nah, 02 Desember 2019 adalah hari Senin, itu artinya kakak akan mendapatkan pemasukan uang saku baru dari ibu. Dia pun menuliskannya di buku catatannya. Sepulang dari kantor, kakak langsung menyerahkan buku catatan keuangannya ke aku. Kakak: Ibu, ini catatannya. Aku gak jajan banyak. Aku: Tumben? Kenapa gitu? Kakak: Gak papa Aku yang sesampainya di rumah sudah sangat capek karena aktivitas kegiatan pelatihan dan kuliah hanya pasrah menerima…

  • semua anak adalah bintang
    Bunda Sayang

    Semua Anak adalah BINTANG #L7 #D5

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hmmm, melakukan observasi terhadap kelebihan anak ini ternyata susah-susah mudah dan menyenangkan. Loh kok aneh siy? Ya gitu deh hehehehehe. Bermain bersama Adek sambil fokus memperhatikan sekecil apapun perkembangan dalam dirinya. Sebuah perjalanan yang tak mudah namun menyenangkan. Dinikmati perlahan hingga menemukan momen yang pas. Masih bersama Adek Anak lanangku ini memang lucu dan unik (iyalah, satu-satunya di dunia..itu kan termasuk dalam kategori unik). Setelah kemarin aku bercerita bahwa Adek ini sangat bersikukuh dengan jawabannya walaupun salah, kini dia mulai hobi akting. Aku disuguhkan pada hiburan kecil yang menyenangkan ketika melakukan observasi pada adek. Dia menirukan berbagai gaya yang entah dia dapat dari mana gerakannya. “Ibuuuu,…

  • offroad lembang
    Jawa Barat

    Offroad naik Land Rover di Jalur Sukawana-Lembang

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Apa yang ada di benak kalian ketika membaca kata “offroad”? Keluar jalan, yayayaya, bisa benar juga. Offroad memiliki arti kegiatan menjelajah alam dengan berkendaraan melewati jalan atau jalur yang berlumpur atau ekstrem, yang tidak semua orang mampu melewatinya. Jadi benar kan kalo arti sederhana dari offroad adalah keluar jalan, yaitu keluar jalan yang sewajarnya. Jalan yang biasanya beraspal dan lurus, kini harus melalui jalan yang berliku, berlumpur, penuh kubangan dan harus terguncang-guncang. Offroad jalur Sukawana-Lembang Kegiatan ini kami ikuti dalam rangka program Family-Gathering dari sekolah anak-anak. Kami mengikuti kegiatan ini sudah lama yaitu tanggal 25 Februari 2018, namun pengalaman pertama kami ini masih terngiang di kepala…

  • Melbourne

    Pengamatan Positif selama Gabut di Melbourne

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Kembali lagi dengan kami ya ((awas, jangan bosan loh)). Kali ini aku kembali dengan tulisan bersambung tentang perjalanan keluarga kami ke Melbourne pada akhir tahun 2018 lalu. Nah, kali ini aku akan menulis tentang kegiatan di hari ke-5 kami disana. Mo tahu cerita sebelumnya gak? Baca disini ya: https://novya.id/sungai-yarra-yang-membelah-kota-melbourne/ Sebenarnya di hari ke-5 ini aku sedikit mengalami kegabutan karena Pak Suami harus masuk kantor. So, kami tidak bisa kemana-mana. Kalo ditinggal sendirian siy masih bisa beredar, kalo bawa anak-anak mo beredar kemana ((yah, sedikit bingung lah intinya)). Boxing Day Hari ke-5 ini jatuh pada tanggal 26 Desember 2018. Ada yang spesialkah? Tentu saja ada Furgoso. Tanggal…

  • Kenangan Ramadhan Berkesan
    Indscript Writing Group

    Kenangan Ramadhan Bagiku – Day 5

    Bismillahirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Setiap ramadhan datang pasti membawa cerita yang berbeda untukku. Sudah 3 masa aku lalui yaitu masa kecil, masa remaja dan masa dewasa. Pastinya di masing-masing masa memiliki kenangan yang tak terlupakan dalam perjalanan usiaku. Kenangan ramadhan di masa kecilku Dulu di kampungku belum ada masjid sehingga warga kampung yang ingin melakukan ibadah tarawih harus pergi ke kampung sebelah. Kalo aku, lebih suka pergi ke rumah nenekku yang kampungnya lebih jauh. Aku diantar bapak ke rumah nenek setiap habis berbuka kemudian dijemput setelah habis tarawih. Aku lebih suka ikut sholat tarawih di masjid dekat rumah nenek karena banyak teman kecilku disana. Setiap ramadhan dari sekolah selalu memberi…

  • Nasi Goreng
    BPN30DayRamadhan2019

    Nasi Goreng, Menu Favorit Sejuta Umat

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Aku diberi ide oleh salah satu tema pilihan di blog challenge BPN hari ini untuk menu sahur. Tema menulis hari ini adalah Nasi Goreng, Resep Opor Ayam dan Cara Membuat Cilok. Biasanya Mbah Bono suka masak nasi goreng juga kalo stok bahan sayuran di kulkas habis dan aku belum belanja. Nasi goreng ini adalah menu favorit untuk sarapan pagi keluarga. Nah, untuk sahur aku minta tolong Mbah Bono memasak Nasi Goreng. Sesuai hasil diskusi dengan Kak Iya, kami meminta dibuatkan Nasi Goreng Kampung ala Mbah Bono. Kak Iya minta Nasi Goreng tanpa kecap, jadi ingin warnanya putih sedikit kuning karena ada campuran menteganya plus ada telur…