• Campur-campur

    Pesta Demokrasi di NKRI Tercintaku

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Wah, luar biasa, baru kali ini aku mau menuliskan tentang penilaianku akan Pesta Demokrasi yang ada di NKRI tercintaku ini. Yup, sebenarnya aku adalah pribadi yang tidak terlalu suka berdiskusi tentang politik. Namun apa daya, di dalam kehidupan kita tak bisa lepas dari yang namanya politik. Dari hal sederhana saja, ketika kita akan menentukan lokasi liburan, kita akan melakukan rapat bersama seluruh anggota keluarga. Ada yang ingin kesana, ada yang ingin kesini. Nah ketika tidak ada titik temu maka kita ambil melalui pemungutan suara. Hasil pemungutan suara tersebut harus diterima oleh semua anggota keluarga. Keluarga adalah struktur organisasi terkecil di sebuah negeri. Nah, aplikasi politik untuk…

  • Melbourne

    Mengenal 3 Stasiun Besar di Kota Melbourne

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Nah, kita lanjutkan ya ceritanya. Sebelum masuk ke cerita perjalanan kami pada hari ke-4, aku mau cerita edisi iklan dulu sekarang. Kali ini aku akan bercerita tentang 3 buah stasiun besar yang ada di Kota Melbourne. Jadi gaes, di Kota Melbourne itu ada istilah City Loop. Kalo soal City Loop ini aku membaca via Wikipedia ya karena Pak Suami juga gak hafal sejarahnya. Pas aku nanya beliau, eh..malah dikasih link wikipedia heheheh -baiklah. City Loop, Loop sendiri kan artinya lingkaran, jadi maknanya ya Lingkaran Kota. Maksudnya adalah ada rangkaian rel yang melingkari kota kemudian akan keluar menuju area utara dan selatan. Di Kota Melbourne, terdapat 5…

  • Daily Stories with Family

    Pergi ke Dokter Gigi..Sapa Takut? Kata Adek

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sempat deg-degan sewaktu mau mengajak Adek untuk periksa gigi. Usianya 2 bulan lagi, insyaAllah 5 tahun dan sudah waktunya diperkenalkan ke dokter gigi untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan giginya. Beberapa hari sebelumnya sudah mencoba bercerita tentang dokter gigi, agar dia tidak kaget ketika akan diajak ke dokter gigi. Awalnya dia datar saja menanggapi ceritaku dan Kakak tentang dokter gigi. Namun ternyata dia mencuri dengar obrolan aku dan Kakak. Pendekatan tentang gigi Kakak memang yang pengen ke dokter gigi karena gigi susunya sudah ada lagi yang tanggal sehingga harus dicek ke dokter. Kakak: “Ibu, kapan kita ke doker hani?” Aku: “Kakak mau kapan? Paling hari sabtu sesuai…

  • Majalah Bobo
    Campur-campur

    BOBO, Majalah di Masa Kecilku

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Halooo, pekan bertema bersama komunitas narablog satu minggu satu cerita. Pekan ini kami diajak bernostalgia, walo nostalgia ini pastinya tidak berlaku bagi semua anggota. Nostalgia hanya berlaku bagi para anggota senior alias tuwir mungkin ya – hehehehe-. Kenapa bisa demikian? Ya kalo anggota yang masih muda, hari gini pastinya sudah berkutat dengan gawai masing-masing dan berselancar mesra di dunia maya. Beda halnya dengan para anggota senior, di jamannya dulu belum ada tuh internet, jadi bacaan berupa buku atau majalah masih menjadi sahabat karib sehari-harinya. Well, aku beruntung di masa kecilku dulu diijinkan oleh kedua orang tuaku untuk berlangganan majalah. Dulu aku mengenal 2 majalah anak-anak yang…

  • Bunda Sayang

    Adek yang mulai susah diajak sholat lagi – Tantangan H-6

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Hari ini aku harus pergi tugas ke Jakarta sehingga harus meninggalkan rumah pagi banget yaitu pukul 3 dini hari. Aku harus sampai di kantor LKPP pukul 9, sehingga berangkat dari Bandung naik KA dengan jadwal keberangkatan pukul 04.15 wib. Kakak sudah diberitahu semalam, sehingga tadi ketika aku pamit dah mengetahui. Adek sengaja tidak diberitahu akan pergi ke Jakarta, aku hanya pamit, ibu berangkat pagi karena ada rapat. Kenapa beda? Karena apabila aku kasih tahu kalo aku akan ke Jakarta, pasti dia heboh pengen ikut. Baginya Jakarta itu tempat berlibur hehehe. Pukul 5, aku videocall dengan duo fajar junior. Mereka berdua biasa bangun pukul 5. Aku mengingatkan…

  • Bunda Sayang

    Mencari Ide ‘tuk Menyalurkan Energi Kak Iya – Tantangan H-5

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Yeah..sudah masuk hari ke 5 mempraktekan materi Komunikasi Produktif dari perkuliahan Bunsay IIP. Sebenarnya diskusi atau forum keluarga bukan hal yang rutin kami lakukan. Bersyukur dengan mengikuti perkuliahan Bunsay, kami sekeluarga menikmati sekali forum ini. Melalui forum keluarga ini, kami bisa menuangkan apa yang kami rasakan. Aku bisa menyampaikan keinginan dan harapan ke duo fajar junior dan begitupun sebaliknya. Obrolan dengan Kak Iya semalam masih merupakan lanjutan dari obrolan sebelumnya. Sekembalinya kami di Bandung nanti, kami akan menyusun kegiatan yang akan menjadi tantangan kami masing-masing. Semalam, kami ngobrol tentang kegiatan di luar sekolah yang menarik buat Kak Iya. Aku: “Kak, dari tadi nunduk aja ke HP,…

  • Bunda Sayang

    Menyusun Kegiatan Baru dengan Kakak – Tantangan H-4

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Semalam kami bertiga (aku, kakak dan adek) melaksanakan Family Forum. Awalnya mau berempat ama Ayah tetapi di Australia sudah pukul 12 malam dan Ayah sepertinya sudah tidur. Well, Family Forum semalam kami membahas tentang hobi baru Kakak yang tidak langsung segera pulang ke rumah sepulang dari sekolah/les sedangkan Mang Ayi sudah menjemput. Beberapa waktu lalu, Mang Ayi cerita tentang hobi baru Kakak ketika mengantar aku ke kantor. “Bu, si Kakak sekarang kalo dijemput suka menemani temannya dulu yang belum dijemput“. Memang sudah 2 bulan terakhir ini setiap pulang les kumon selalu maghrib. Berawal dari obrolan itu, semalam aku mengajak ngobrol Kakak dalam suasana yang tenang. Aku:…

  • Bunda Sayang

    Bangun Tidur, Ku terus sholat subuh – Tantangan H-3

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Selalu ada drama apabila mengajarkan Adek untuk istiqomah melaksanakan sholat. Berbagai jawaban dari setiap ajakan sholat ada saja yang Adek alirkan. Nah..ini tugas ibu untuk tidak mau kalah dengan siasat Adek. Pagi ini, menjelang pukul 5 Adek sudah terbangun. Adek langsung merengek minta main game dan nonton kereta api di youtube. Aku pun tidak langsung mengiyakan. Adek: “Ibuuuuuu, mau maen game“ Aku: “Hmmm…sekarang waktunya sholat subuh dulu donk“ Adek : “Aku mau maen game aja“ Aku: “Boleh, tapi Ibu minta Adek sholat subuh dulu“ Adek terdiam dan aku pun diam juga untuk memberi dia waktu untuk berpikir. Cukup lama juga kami terdiam bersama. Adek: “Ibuuuu, aku…

  • Bunda Sayang

    Membersamai Kakak belajar fokus – Tantangan H02

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sejak kelas 4 SD, Kakak ikut kegiatan belajar matematika di kumon. Tujuan mengikutsertakan kakak di kumon agar terbiasa dengan soal-soal di matematika. Homework yang setiap hari diberikan dalam rangka pembiasaan dalam mengenal matematika. Sebenarnya kalo dari konsep matematika, aku kurang sreg dengan metode kumon yang instan. Jadi aku lebih melihatnya dari sisi pembiasaan berinteraksi dengan angka-angka dan rumus matematika. Tugas membersamai kakak tetap dijalankan sekaligus memeriksa hasil yang sudah dia kerjakan. Hari ini, kakak masuk ke materi tentang soal cerita. Niy anak suka lupa dengan apa yang sudah dipelajari karena kurang fokus. Kakak: “Ibu, ini gimana? aku bingung dengan rumusnya“ Ibu: “Loh, ini kan mudah dan…

  • Family Holiday to Melbourne
    Melbourne

    Welcome to Melbourne City

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Kota Melbourne. Tahun ini adalah kunjungan kedua di kota yang super nyaman ini. Kunjungan pertama sudah pernah aku lakukan di pertengahan tahun 2012 (wah, lama sekali ya?), ketika Pak Suami sedang bertugas disana. Yup, kini Pak Suami tidak hanya bertugas namun sudah pindah ke kantor ke kota ini. Lalu kenapa aku tidak ikut tinggal ini? Ah..sudahlah, kita bahas nanti saja ya hehehe. Setelah perjalanan panjang selama hampir 7 jam, terlihat semburat warna kemerahan di ufuk timur (mungkin, karena dari pesawat tidak jelas arah mata anginnya hehehehe). Yup, insyaAllah sebentar lagi kami mendarat. Baca juga : https://novya.id/terminal-ultimate-3-bandara-soetta/ Semakin lama langit semakin terang. Ketika kutengok keluar jendela mulai…