• kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D10

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sapa yang suka berantakan agenda kegiatannya? Akuuuuuu – ngacung paling tinggi secara tubuh pendek akhirnya naik kursi bahkan naik tangga untuk menunjukan bahwa diri ini sangat amat parah dalam mengelola rencana kegiatan buat diri sendiri. Selalu gagal dalam mengatur kegiatan harian, jangankan untuk keluarga, untuk diri sendiri aja amburadul. Tahun lalu aku mengenal bullet journal (bujo) dari salah satu kawan di komunitas narablog. Dia sangat ahli dalam bujo ini. 10 Januari 2020 Tahun 2020 ini aku mau bikin daftar resolusi. Loh kenapa? Ya buat apa bikin kalo pada akhirnya hanya selalu menjadi wacana saja. Menyedihkan bukan? Baiklah. Trus kamu mau bikin apa? Bingung juga siy. Aku…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D9

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Mainan lego balok adalah kesukaan Adek. Yang kami miliki saat ini adalah mainan turun temurun dari Kakak sewaktu dia kecil. Dulu waktu kakak kecil sempat dilarang bermain dengan lego ini. Kenapa? karena kata bu Guru kurang bisa melatih motorik halusnya. Permukaan lego tidak lurus sehingga memudahkan anak menyusun. Kami dianjurkan untuk menggunakan balok susun dari kayu yang permukaannya rata sehingga usaha anak dalam menyusun akan lebih terlihat. Ketika Adek masuk taman bermain, mainan ini kami keluarkan lagi dari gudang. Di awal mengenal mainan ini Adek masih kaku dan bingung. 09 Januari 2020 Adek itu suka sekali dengan kereta api. Memang selama ini dia hobinya menonton youtube…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D8

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sepulang kantor, biasanya suasana hatiku penuh warna. Kadang bahagia (kalo hari Jumat niy, karena besoknya adalah hari libur), kadang bete (kalo di kantor ada masalah), kadang sedih (kalo di jalan dapat berita gak enak), kadang capek (kalo di jalan macet yang super duber parah), kadang pusing (kalo tugas kuliah belum kelar), kadang biasa-biasa aja (kalo emang hari itu gak ada yang berat untuk dihadapi, dijalani dan diselesaikan). Hahahaha, super duber lebay ya prolognya. 08 Januari 2020 Nah, malam itu aku pulang dari kantor dalam kondisi setengah biasa-biasa saja namun sedikit penat dan berat di kepala. Sesampainya di rumah, kakak minta ditemani belajar di kamar. Dia mau…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D7

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Malam-malam hujan. Hmmm, ini adalah suasana yang diinginkan sebagian orang mungkin ya, termasuk aku. Tapi hujannya jangan deras, cukup gerimis rintik-rintik gitu jadi membuat perut lapar dan berselimut ria. Anak-anak juga biasanya jadi damai dengan meringkuh kalem disampingku. Selalu menyenangkan kalo sudah kruntelan dengan anak-anak tuh, suasana dingin bisa berubah menjadi hangat. 07 Januari 2020 Sepulang aku dari kantor, sepanjang jalan memang sudah gerimis namun masih belum begitu deras. Sesampainya aku di rumah, gerimis mulai rapat. Hmmm, perutku langsung berbunyi “kruk-kruk-kruk“. Suara ayam mulai protes di dalam perut. Emang ada hubungannya ya antara gerimis dengan lapar. Gak ada lah. Tapi biasanya aku tuh kalo di kantor…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D6

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Seorang ibu itu harus cerdas. Kenapa? Ya karena dia adalah sekolah bagi anak-anaknya. Bagaimana jadinya kalo ketika anak bertanya atau meminta tolong, seorang ibu malah bengong atau tidak peduli? Hmmm, pastinya suasana keluarga gak ada arah yang baik bukan?. Pendidikan yang ditempuh oleh seorang ibu tidak harus formal yaitu melalui jenjang pendidikan di sekolah formal. Setiap hal dan lingkungan dapat menjadi sekolah yang baik bagi seorang ibu dalam belajar. Ibu yang cerdas biasanya akan menjadi ibu yang kreatif (ini pendapat aku loh ya, kalo setuju silakan, kalo gak setuju ya jangan mencak-mencak apalagi ngamuk ya). 06 Januari 2020 Minggu pagi, Pak Suami memberi kabar bahwa beliau…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D5

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Mainan anak berantakan dimana-mana dan kondisi ini menimbulkan kepusingan seantero penghuni rumah, pernah kalian alami kah? Oh, kalo aku sering sekali kawan. Trus apakah aku juga sering pusing? Gak sering siy, kadang-kadang. Kalo stok sabarnya berlimpah, aku santai menikmatinya. Namun tak jarang juga kehabisan stok sabar yang pada akhirnya menimbulkan kepusingan yang tak berperi (sedikit hiperbolik – hehehehe). 05 Januari 2020 “Adeeeeeekkkkkkk, mainannya dibereskan dong kalo udah selesai”, pintaku pada Adek. “Nanti dulu, aku mau bikin buat balap mobil dulu ibuu,” jawab Adek. Sapaan seperti ini hampir setiap hari terjadi ketika Adek sudah menggelar mainan kereta dan hotwheelnya. Kami banyak membelikan dia rangkaian kereta dan hotwheelnya,…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D4

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Sapa disini yang sewaktu di bangku kuliah dulu suka membuat catatan kuliah di binder? Akuuuu – mengacungkan jari setinggi-tingginya walaupun kenyataannya tak nampak juga, apalah daya badanku pun tak tinggi hanya melebar saja -hahahahaha. Nah, kalo kita suka memakai binder, pastinya kita rajin membeli kertas loose leaf kan buat isi ulangnya. Ada beraneka macam kertas loose leaf. Dulu aku paling senang membeli kertas loose leaf ini di supermarket Mirota yang ada di depan UGM atau di foto kopian dekat kos. Kalo di Mirota, kita bisa memilih kertas dengan corak beraneka macam pastinya dengan harga yang jauh lebih mahal (membandingkannya dengan bekal anak kost di kala tahun…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D3

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Membiasakan anak-anak untuk mandiri. Yup, ini adalah salah satu program yang sedang aku galakkan di dalam rumah ku. Walaupun kendala masih sangat banyak sekali namun insyaAllah sedikit demi sedikit anak-anak bisa. Adanya ART di rumah adalah salah satu kendala yang aku alami. Jangankan anak-anak, aku pun terkadang masih teriak minta tolong sama ART padahal kalo mau bergerak sedikit aja, bisa beres dengan diri sendiri juga. Hmmmm, so udah kelihatan kan mana dulu yang harus diperbaiki. Ibunya dulu lah pastinya -hehehehehe. 03 Januari 2020 Setelah menjemput aku di kantor, Pak Suami dan anak-anak ngajak makan malam di luar. Anak-anak tuh suka minta makan malam di luar kalo…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D2

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Nah, kali ini aku akan bercerita tentang Pak Suami. Alhamdulillah sejak tanggal 14 Desember 2019 sampai dengan sore ini tadi, beliau sedang libur sehingga bisa menemani anak-anak bermain di rumah selama anak-anak libur sekolah. Jadi mamaknya ini bisa bekerja di kantor dengan damai. Eh, gak juga siy, aku juga menikmati liburan kok bersama de’Fajar Family. Terniat demi menemani anak-anak dan Pak Suami yang sedang mudik, aku pun mengambil cuti kerja selama 3 hari. Alhasil selama 1 minggu full kami melakukan aktivitas bersama berempat. Kami tour ke Malang dan Solo. Loh kok malah cerita liburan? Eh iya, maaf, salah ruangan. Untuk cerita liburan nanti ada ruang khusus…

  • kreatif
    Bunda Sayang

    Menemukan Solusi Kreatif #L9 #D1

    Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog. Wow, sampai juga kami di level 9 Bunda Sayang IIP ini. Semakin tinggi level maka semakin seru tantangan yang diberikan. Tantangan yang seru pastinya menjadikan level tersebut menjadi level yang makin menarik untuk dipelajari. Nah, di level 9 ini kami dihadapkan pada tantangan untuk menggali sisi kreatif pada diri kita dan keluarga kita. Hmmm, sebelum kulanjutkan menulis, aku ingin bertanya pada diriku sendiri “sudah kreatifkah aku?”-hehehehe. 01 Januari 2020 Tanggal yang tepat untuk memulai tantangan (mentang-mentang level 9 ini waktunya panjang, jadi sesuka hati ya). Bukan begitu gaes-hehehehe. Aku tuh sebenarnya rajin cuma hobi banget menunda kalo dah kehilangan mood untuk menulis (parah ah). Hmmm, ya…