Museum Geologi
Tour de'Museum

Tour de’Museum: Museum Geologi Bandung

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaykum kawan narablog.

Sebenarnya kunjungan ke Museum Geologi Bandung ini sudah dilakukan di bulan Juli lalu, namun baru sempat tertuangkan di blog hari ini. Maklum lah, pemilik blog nya orang yang sok sibuk gitu loh – hehehehe. Apakah disini ada yang sudah pernah berkunjung di Museum Geologi Bandung? Hayuk angkat tangannya. Apakah memang ada Museum Geologi selain di Bandung. Setelah kita kemarin menyambut bulan September Ceria, mari kita mulai bercerita tentang hasil perjalananku.

Baca juga: https://novya.id/selamat-datang-buat-september-yang-selalu-ceria/

Yuk kawan, ikuti ceritaku kali ini ya.

Apa itu Museum Geologi Bandung?

Museum Geologi Bandung merupakan salah satu museum yang berkaitan erat dengan sejarah penyelidikan aktivitas geologi dan pertambangan di wilayah Indonesia. Aktivitas geologi dan pertambangan yang disimpan di dalam museum ini dimulai sejak pertengahan abad ke-17 oleh para ahli Eropa. Museum ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928.

Museum Geologi Bandung ini di dalamnya dibagi menjadi 3 ruangan yang meliputi Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia serta Geologi dan Kehidupan Manusia. Di dalam Ruangan Sejarah Kehidupan ini berisi tentang sejarah manusia purba, binatang dan tumbuhan purba beserta penjelasan kehidupan dan lokasi penemuannya. Sayangnya pada saat kami berkunjung kemarin, ruangan ini sedang direnovasi sehingga ditutup sampai dengan bulan Desember tahun ini. Padahal rencana awal ingin menunjukan ke Adek tentang rangkaian fosi Dinosaurus. Beruntungnya di luar sudah ada kerangka fosil binatang Gajah Blora yang setinggi rumah.

Museum Geologi
Duo Fajar Junior Goes To Museum

Ruangan Geologi Indonesia berisi tentang sejarah terbentuknya alam semesta, kejadian gempa bumi dan beraneka jenis batuan yang ada di wilayah Indonesia ini. Sayangnya belum terlihat batu kripton yang dapat melemahkan Superman -hehehehe. Ruangan Sejarah Kehidupan dan Geologi Indonesia ini terletak di lantai I. Di lantai II terdapat Ruangan Geologi dan Kehidupan Manusia.

Lantai II terdiri dari 2 ruangan. Di dalam ruangan pertama, kita dapat belajar tentang berbagai sumber energi dimulai dari yang tak terbarukan hingga terbarukan. Ruangan kedua, kita dapat mengenal tentang sejarah gunung berapi dan dampak dari sebuah letusan gunung berapi. Di ruangan kedua ini juga terdapat semacam alat simulasi gempa yang dapat dicoba oleh pengunjung.

Dimanakah letak Museum Geologi Bandung?

Museum Geologi Indonesia beralamat di Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Sangat mudah sekali menuju ke lokasi ini. Apabila kalian mengetahui letak Gedung Sate Bandung, maka kalian akan dengan mudah menemukan museum ini. Angkotan Kota yang melintas di depan museum ini adalah Angkutan Kota Jurusan Ledeng-Cicaheum.

Bagaimana cara berkunjung ke Museum Geologi Bandung?

Kita dapat berkunjung ke Museum Geologi Bandung setiap hari (kecuali hari Jumat), dengan pembagian jadwal sebagai berikut:

  • Senin-Kamis sejak pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 16.00 wib
  • Jumat LIBUR
  • Sabtu-Minggu sejak pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 14.00 wib

Tiket masuk di Museum Geologi Bandung ini sangat murah kawan. Ketika kami berkunjung kemarin habis Rp. 10 ribu yang terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Tiket 1 orang Dewasa adalah Rp. 3 ribu, sedangkan 1 orang anak adalah Rp. 2 ribu. Orang Dewasa akan mendapatkan tiket sedangkan anak-anak akan dikenakan gelang dari kertas yang bertuliskan “Museum Geologi” sebagai tanda masuk.

Adakah hiburan lain di sekitar Museum Geologi Bandung?

Nah, bagi kawan-kawan yang senang berjalan-jalan. Di sekitar museum ini masih banyak tujuan wisata yang dapat kita kunjungi. Ada Museum Gedung Sate dan Museum Pos Indonesia, ada wisata kuliner Yoghurt Cisangkuy, dan ada pula wisata taman kota yaitu Taman Lansia. Selain itu kawan-kawan dapat berkeliling Kota Bandung dengan mengendarai Bus Bandros yang halte pemberhentiannya terletak di depan Museum Geologi Bandung. Hayuk, kapan lagi berkunjung kemari. Selain mendapatkan ilmu yang bagus, kita juga dapat mengajak keluarga berjalan-jalan.

Taman Lansia, Museum Geologi
Salah satu taman bermain di sekitar Museum Geologi

Okeh itu cerita singkat kami tentang Museum Geologi Bandung, penasaran? Silakan berkunjung langsung ke Museum Geologi Bandung ya kawan.

Alhamdulillah, Wassalamu’alaykum.

#Day3 #ODOPEstrilookCommunity #ODOPSeptember2019

Aku seorang wanita yang suka menulis, melalui tulisan aku dapat mengalirkan aliran rasa yang ada di diri, melalui tulisan aku berharap dapat berbagi kebaikan dan melalui tulisan aku dapat bahagia.

Leave a Reply

%d bloggers like this: